Home » , » Membuat Pahat Dari Kikir Bekas DIY | Wood Chisel Homemade | How To Make Wood Chisel | Pahat Kayu

Membuat Pahat Dari Kikir Bekas DIY | Wood Chisel Homemade | How To Make Wood Chisel | Pahat Kayu

By Dion Mloto on 16.11.16

Hee.. panjang amat tu judul ye?! Nggak papa lah biar bule juga ngelongok di mari. Kalau ternyata isinya pakai bahasa gue ya biar di translate sendiri. Oke.. Kali ini Dion Mloto akan sharing tentang cara membuat pahat dari kikir bekas. Ini DIY ya.. jadi tips dan caranya tentu saja mengikuti saya.

Ide wood chisel homemade ini muncul saat bersih- bersih gudang dan menemukan kikir besi bekas yang sudah tidak tajam lagi. *Kok kikir besi? bukankah kikir terbuat dari baja?* Iyaa.. maksudnya kikir dari baja untuk menghaluskan besi, gitu. Kan ada juga kikir baja untuk menghaluskan kayu. Kalau ndak pernah lihat silakan ke toko bangunan terdekat di tempat anda bilang "Beli kikir kayu Koh". Hallah jadi ngomongin kikir, kan bab-nya how to make wood chisel alias bagaimana cara membuat pahat kayu. Hadeuhh...

Berhubung saya ndak puas punya pahat boleh beli jadi, dari toko bangunan,  sambil saya timang-timang, akhirnya ketemu juga cara membuat pahat kayu dari kikir bekas itu. Hilir mudik keluar masuk maju mundur cari alat dan perlengkapan buat mengeksekusi kikir, akhirnya saya temukan juga. Alat dan perlengkapannya sebagai berikut:
  • Gerinda Tangan
  • Mata gerinda Tipis dan Tebal
  • Gerinda duduk (kalau ada)
  • Bor Ukir (Bor biasa juga boleh) (Bor Gantung juga ndak papa)
  • Drum Sander (Yang kecil saja)
  • Gas Torch / Camping Gas
  • Tang Kombinasi / Tang Grip
  • Amplas Kasar dan Halus
  • Olie Bekas
Nah itu perlengkapannya, Jangan takut kalau ndak lengkap. Nanti saya jelaskan. Oh iya lupa bro, kikir yang akan saya bikin jadi pahat kayu homemade ini adalah kikir datar ya. Bentuknya kayak gini ni, gb saya ambil dari mbah google:
Dion Mloto


Nah sudah lihatkan bentuk dan wujud kikir yang akan kita eksekusi. Setahu saya bahan dari kikir ini dari baja kualitas. Jadi kalau di pake buat pahat tajamnya lumayan. Ndak jauh beda dengan baja per truk. Bener enggaknya silakan tanya sama mahasiswa dan profesor jurusan metalurgi. Dan jangan berdebat dengan saya soal logam. Bukan sombong, tapi sudah pasti saya kalah apalagi yang ngajak debat mahasiswa metalurgi. Lha wong aku ndak sekolah di sono'e! piye kon menang jal?

Yo wis ndak usah panjang kali tinggi. Pengen membuat pahat kayu bin wood chisel homemade aja kok sampe kemana-mana. Lanjut aja urutan kerjanya akan saya mulai sebagai berikut:


Membuat Pahat Kayu Dari Kikir
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, membuat pahat kayu saya mulai memotong dan membelah 1 buah kikir datar bekas. Hasil dari pekerjaan ini adalah 1 buah bakal pahat lebar 1" X 12cm, 1 buah bakal pahat kayu 3/4" X 14cm dan 1 buah bakal pahat 1/5cm X 8cm. Ukurannya ndak presisi karena pas nulis saya males bongkar-bongkar gudang lagi heee.. Alat yang saya gunakan untuk memotong dan membelah adalah gerinda tangan dengan mata tipis. Sampeyan punya gerinda pasti sudah paham bentuk matanya kan. Ya udah lanjut.


Daftar Isi Blog
Setelah kikir baja datar terpotong dan terbelah, eksekusi untuk membuat pahat kayu home made berikutnya yaitu membentuk pangkal pahat untuk gagang dan menghaluskan permukaaan kikir datar dari bekas-beas gerigi kikir dan bekas potongan tajam menggunakan gerinda tangan dengan mata tebal. Gambar berikut ini penampakan saat saya menggerinda. *Yang foto siapa?*


(Yang foto demit)

Jangan lupa sisi kiri kanannya (sisi tebal) juga di gerinda. Biar halus mulus kayak pahaa...... (sapi)


Cara Menyepuh Besi Baja
Nah, hasil dari eksekusi kikir datar biar nanti jadi pahat kayu tampak seperti di atas itu. Sampai di sini how to make wood chisel sudah mulai terlihat bentuknya. Cara berikutnya langsung scrool ke bawah...


Dengan melihat gambar bakal pahat kayu seperti di atas pastinya sudah pada paham apa yang harus di lakukan to? Wokeee... berarti saya ndak usah capek-capek ngetik. Lanjutt..


Setelah permukaan dan sisi-sisi kikir setengah halus,(lho kok setengah?) Ya iya, kan kalau pake gerinda mata tebal permukaan kikir masih pada baret kalau di raba. Nggak ashoy lahh.. Untuk mengatasi hal itu *chie bahasaaa... euhh* langkah berikutnya adalah menghaluskan permukaan bakal pahat kayu tersebut menggunakan mata halus gerinda duduk. Nah tadi di atas kan saya bilang "nanti saya jelaskan" maksudnya begini, kalau sampeyan ga punya gerinda duduk, menghaluaskan bakal pahat kayu ini juga bisa menggunakan amplas atau batu gosokan penajam pisau.*Bahasa kampungku di sebut 'ungkal' mbroo.'


Setelah halus, bakal pahat kayu akan kita eksekusi lagi menggunakan bor ukir seperti gambar di atas. *buat apa sih?* Intinya saya kurang puas dengan hasil kerja gerinda duduk, terutama bagian ujung tajamnya. Miring terus coy kayak yang bikin.


Kalau ndak punya bor ukir, pakai bor tangan biasa juga bisa. Gunakan drum sander kecil agar lebih mudah mengontrol bagian yang akan di haluskan. *Drum Sander? Apa tu?* Itu tu buletan mata di bagian ujung bor itu yang di sebut Drum Sander. Kan bentuknya seperti drum minyak gunanya buat menghaluskan. Bahannya amplas-amplas juga. *Mudeng ora son?*


Haluskan lagi bagian-bagian bakal pahat kayu tadi yang menurut sampeyan kurang matching termasuk bagian ujung sampai benar-benar tajam. *see.. tajamm.. silet!*. Hasil yang saya bikin seperti tampak pada gambar.

Nah saudara sekalian, setelah kondisi kikir baja datar sudah kinclong. Langkah selanjutnya untuk membuat pahat kayu homemade adalah proses penyepuhan. *Apa itu penyepuhan ?* Emmm.. bahasa indonesianya apa ya,. saya sendiri juga bingung. Kata sifu saya yang tak lain bapak saya sendiri kalau ndak di sepuh, baja atau besi menjadi muda dan mudah tumpul. Untuk mengatasi hal itu maka kikir baja harus di sepuh dulu, selanjutnya cara menyepuh baja untuk membuat pahat kayu silakan lanjutkan pada artikel berikutnya di sini.


0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,