Home » » Siamese Connection | Fire Hydrant Building Construction System

Siamese Connection | Fire Hydrant Building Construction System

By Dion Mloto on 4.10.16

Selamat pagi salam jumpa lagi dengan saya Dion yang selalu Mloto dan ngeselin. Masih dalam topik bahasan tentang dunia plumbing sub bagian fire hydrant building construction system. Kali ini saya membuat tulisan tentang salah satu instrument fire hydrant yaitu Siamese connection.

Dalam 'fire fighting system' terdapat banyak sekali instrument atau part juga boleh di bilang bagian atau perangkat pendukung yang meiliki tugas dan fungsi berbeda. Siamese connection adalah instrument dalam fire fighting system yang berfungsi sebagai konektor antara selang (fire hose) mobil pemadam kebakaran dengan building fire fighting system.

Siamese Connection - Dion Mloto
Hydrant Siamese Connection
Jadi kalau di jabarkan dengan bahasa saya, siamese connection adalah konektor antara selang mobil pemadam kebakaran dengan sistem pemadam api gedung bertingkat untuk mendistribusikan air dari luar area gedung. Misalnya dari sungai, danau atau parit-parit yang menyediakan air untuk proses pemadaman api.

Intinya begini, pada saat kebakaran besar terjadi pada gedung bertingkat persediaan air di ground tank gedung akan menipis. Oleh karena itu di perlukan supply air yang berasal dari luar gedung misalnya dari sungai, danau, hydrant kota atau tempat-tempat lain yang menyediakan air. Air dari tempat-tempat ini akan di pompa menggunakan mobil pemadam kebakaran dan di supply ke dalam gedung dan selanjutnya di gunakan untuk memadamkan api melalui instrument hydrant yang di miliki oleh suatu gedung. Proses pendistribusian air dari unit damkar dengan sistem hydrant gedung ini terkoneksi menggunkan siamese connection. Sistem kerjasama ini sangat efektif. Selain mempersingkat waktu, juga memudahkan personil damkar dalam mejalankan tugasnya fokus pada titik-titik api.

Gimana? sidikit paham atau malah bingung?



Kembali pada pokok bahasan yaitu siamese connection. Pada instalasi siamese connection di lengkapi dengan check valve. Gunanya untuk menahan air keluar dari konektor siamese. Sebab pada siamese tidak di lengkapi dengan valve.

Berbeda dengan hydrant pillar yang wajib standby dengan air bertekanan. Siamese connection pada saat standby harus dalam kondisi kosong. Banyak yang salah kaprah tentang asumsi siamese connection dan hydrant pilar. Ada yang menyebut keduanya harus berisi air bertekanan yang selalu standby. Itu salah broo...

Beda hydrant pilar beda juga siamese connection. Namanya saja sudah beda masa' fungsinya sama. Logikanya jika siamese connection terisi air bertekanan, pada saat personil damkar memasang selang,  dan diesel pump mobil damkar mulai beroperasi memompa air tentu sangat berbahaya. Sebab diesel pump intern gedung juga sudah mensupply air bertekanan tinggi. Tabrakan donk! Ini logika orang awam. Kalau gedungnya cuma 4 lantai sih unit damkar it's okey. Lha kalo gedungnya 30 atau 40 lantai? berapa puluh bar tekanan balik gravitasi yang harus di tanggung selang hydrant damkar? belum lagi di tambah dorongan diesel pump intern gedung. Mangap-mangap dong diesel pump mobil damkar?! padalah kondisi diesel pump mobil masih posisi starting, belum running. Sama dengan kita belum pasang kuda-kuda udah di tendang duluan. Njengkang nggak?! Itu dia bedanya hydrant pilar dengan siamese connection. *Penjelasan ala Dion Mloto*

Siamese connection juga harus di tempatkan pada titik terluar dari halaman gedung, mudah terlihat dan mudah di jangkau. Hal-hal ini sangat di perhatikan mengingat bahaya api jika sudah membesar. Hanya dalam hitungan detik dari mulai menyala hingga menjadi kebakaran besar, oleh karena itu kesigapan, kecepatan dan ketepatan personil terkait utamanya para personil enginering terlebih personil dinas pemadam kebakaran sangat penting.

Enginering sedang melakukan servis rutin check valve siamese connection
Jika hydrant siamese connection sudah di fungsikan maka pertanda kebakaran yang terjadi sudah sangat besar. Sebab sebelum fire hydrant d fungsikan masih ada beberapa sistem untuk menanggulangi bahaya api, di antaranya Sprinkler System dan APAR. Selengkapnya baca di sini

Dengan melihat gambar-gambar di atas, kayaknya semua sudah tau dan paham deh apa yang di maksud dengan siamese connection dalam fire hydrant building construction system. Kalau begitu cukup sekian dan terimakasih.

Salam,

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,