Home » » Hydrant Pilar Gedung Bertingkat | Hydrant Pillar | Fire Hydrant Building Construction System

Hydrant Pilar Gedung Bertingkat | Hydrant Pillar | Fire Hydrant Building Construction System

By Dion Mloto on 3.10.16

Ketemu lagi dalam bab plumbing sub bagian fire fighting system sub sub bagian fire hydrant system untuk instrument hydrant pillar atau bahasa linggis lokalnya jadi hydrant pilar. *Banyak banget sub-sub nya!* Memang seperti itu, plumbing adalah sub bidang kerja dari teknik civil kemudian di bagi bagi lagi menjadi bagian khusus untuk mempermudah cakupan kerja.


Hydrant Pillar | Hydrant Halaman | Hydrant Pilar Gedung Bertingkat

Kembali pada pokok bahasan tentang hydrant pillar. Hydrant pillar adalah salah satu part atau perangkat dalam fire hydrant system yang berfungsi sebagai connector antara selang hydrant (hydrant hose) dengan fire fighting system. Dalam fire hydrant building construction system, hydrant pillar harus di tempatkan pada lokasi yang mudah terlihat. Untuk gedung bertingakat, hydrant pilar biasanya di tempatkan di halaman gedung. Hal ini untuk memudahkan personel dinas pemadam kebakaran maupun personel terkait mengambil tindakan dalam penanggulangan api pada saat terjadi kebakaran besar.

Hydrant pilar tidak hanya ada pada gedung bertingkat tetapi juga terdapat di titik-titik tertentu dalam lingkup tata kota. Kalau bingung, silakan anda jalan-jalan keliling kota. Perhatikan di pinggir jalan pada jarak tertentu akan terdapat sebuah pipa warna merah seperti gambar. Itulah hydrant pillar. Fungsinya sama dengan hydrant halaman (hydrant pillar gedung) yaitu men-supply air untuk mobil-mobil damkar dalam penanggulangan kebakaran.

Hydrant pillar harus berisi air bertekanan, artinya kondisi air bertekanan di dalam hydrant pilar harus selalu standby 24 jam agar siap di gunakan kapanpun. Jadi hati-hati ya, jangan bertingkah usil apabila sedang menunggu angkot tepat pada titik hydrant pilar kota. Apalagi mentang-mentang teknisi bawa kunci main putar knob hydrant pilar. Jika itu anda lakukan, siap-siap deh berurusan sama yang berwajib heee... 

Tekanan air yang menyembur dari hydrant pilar cukup tinggi antara 4 - 8 kg/cm2. Bayangin aja anda di lempar dengan beras 8 kilo, mental nggak kira-kira? Dan pastinya akan banjir jika anda putar knob hydrant pilar tersebut.
Hydrant Pillar Gedung Bertingkat Dengan Hydrant Box

Berbeda siamese connection, pada hydrant pilar tidak ada check valve untuk membatasi aliran air dalam pipa. Hydrant pilar langsung terkoneksi dengan jaringan pipa induk hydrant.

*Apalagi ya yang mau di share?*

Kayaknya segini dulu deh artikel tentang hydrant pillar gedung bertingkat ini. Lain waktu *kalau sudah ingat* akan saya sambung lagi. Terimakasih,..

Salam,

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,