Home » » Ngacir Dengan Grab Bike Blitar | Grab Bike Ojek Online Blitar

Ngacir Dengan Grab Bike Blitar | Grab Bike Ojek Online Blitar

By Dion Mloto on 18.12.17

Hay guys... *chiee.. bahasanyahhhhh...    -tsui tsui tsui crit*
Brow?! Pastinya sudah pada kenal ya sama yang namanya ojek online,? Ndak perlu di perjelaslah. Kalau di tanya ojek online jawaban yang paling gampang cuma dua, Go-Jek atau Grab Bike. Giliran suruh nerangin apa itu ojek online boro-boro paham. Seperti saya.

Ohe, ndak usah panjang-panjang.. Begini bro, kita mau curhat seputar ojek online yang beberapa tahun terakhir hadir dan berkembang pesat khususnya di kota-kota besar. Nah tulisan ini kita kasih judul "Ngacir Dengan Grab Bike Blitar" sebab kita baru saja menggunakan jasa dari salah satu ojek online itu di kota Blitar guys,.

Sudah tau to kota Blitar,? Ya sudah nggak usah di bahas banyak-banyak, cuma mau sedikit memperjelas kalau Blitar adalah kota kecil di selatan jawa timur yang kini sedang berkembang. Intinya.. saya cuma mau curhat. *Oalahhh... panjange rekkkk!!!!* Yo ga popo to,? Blog-blog ku dewe,. Di larang protes pokok-e *Wheh galak iki!*  Ndak galak, sadis thithik/

Wis gini,. Ceritanya ngacir bareng Grab bike Blitar ini saya gak kaget brow,. Kayak terkesima gitu,. *Blukuthuk crut!* Blitar itu kota kecil tapi ternyata sudah beradaptasi dengan teknologi jaman now yang serba teknologi net-net-an gitu. Setau saya Grab dan Go-jek yang sama-sama berbasis online tersebut ramenya masih seputar kota-kota besar macam jakarta. Lebih-lebih sering terdengar di media persinggungan antara ojek online dengan ojek konvensional yang menimbulkan korban juga di jakarta. Dan... yo uwis begitu.. kenyataannya ojek online khususnya Grab Bike sudah merambah ke kota-kota kecil juga. Hebat ya'!

Anu gaesh,. Saya tau Grab Bike sudah ada di kota Blitar ini secara ndak sengaja bray. Ceritanya di hape butut saya kan ada aplikasi Grab Bike dan Go Jek, bukan sok ke- city-city -an cuma pernah sewa jasanya itupun ndak sering. Nah pas di kampung *nang Blitar jesh* iseng-iseng aplikasi itu saya buka. Iseng doank, dalam ati mah ga bakalan berfungsi. Aplikasi Go-jek saya buka terlebih dulu gaesh, begitu sinyalnya klouwer-kluwer, saya tinggal bikin kopi dulu,. Kopi ngebul sudah siap, pegang lagi deh tu hape, eh lha dalah masih muter-muter loading belum kebuka! Hya amplopppp....

Itu rasa kesel uda mau ke ubun-ubun, begitu tinggal crot. Aplikasi Go-jek kebuka, mak byak! *crot nya ga jadi donk?* Ya ndak jadi laa.. wong sudah mak byak. Begitu mak byak! Lhaaaa.. (girang tu muka saya) Dan ternyata hasilnya zonk. Ndak ada hasil apapun. Kampret! Jaringan Go-Jek ndak ada yang terdeteksi sama sekali di daerah Blitar dan sekitarnya. 

Abis tu pindah aplikasi Grab, kelluwer kluwer loading lageee... nyeruput kopi sambil ngelamun, mata terjutu ke arah bocah-bocah junior saya yang lagi asyik main. Angin sepohai menerpa muka membuat mata sedikit agak linglung *bilang aja ngantuk* hahah, ho oh. Masalahnya sinyal di kampung saya paling banter H+ brooo.. makanya jadi ngantuk! *whuick? Forji-nya gimana? Paketannya?* PROOOTTTTTTT!!!!! Porji Aappa---an?! Makan tu iklan! Nyatanya di kampung saya buat ngejar stabil H+ saja sulit. Sinyal sudah kayak bola sodok, pindah sana-pindah sini. Ckckckckk...

Jadi inget aturan anak sekolah, ujian emnggunakan sistem online, pendaftaran dan pengumuman pakai sistem online. Coba mikiro, untuk akses data sekedar buka google saja susah, gimana mau input data di situs sekolah yg notabenenya setiap saat di akses ratusan sampai ribuan user. Pastinya website jadi sulit di buka karena kelebihan bandwidth. Itu pakai hape lo bro, gimana kalau pake perangkat komputer? Saya coba menggunakan laptop untuk buka google dengan modem dan paket dari salah satu ISP *Ndak usah saya sebut* Sampai perangkat diam standby google -nya ndak kebuka. Mbuh lah! Semoga tahun depan ada tindak lanjut dari pemerintah setempat biar warganya dapat menikmati teknologi khususnya internet.

Balik bro ya,! *sampe mana tadi? Lali to?*

Sampe siat siut ngantuk yo? yo wis. Go-Jek gagal saya pun pindah ke aplikasi Grab Bike. Begitu aplikasi Grab kebuka, seperti biasa ngisi form titik penjemputan buat ngetes saja, saya isi 'Dion Market Home Office' trus form tujuan saya isi 'Taman Pecut Blitar' lanjut klik 'go...' kluwer-kluwer lageeee..

Kali ini mungkin Tuhan kasihan kepada sayah, ndak sampai 30 detik hasil searching App Grab sudah terbuka dan.... Tololettt.... ada 1 driver terdeteksi dalam radius kurang lebih 4km melingkar dari titik ponsel saya berada.. Huhuhuhuhuuu... perasaan saya pun jadi senang dan sedih Om,. *kok Om?* Ya la dari pada 'Nyet', kan ga enak di baca dan di rasa to?

Senang, karena di kotaku sekarang sudah ada transportasi ojek online meskipun cuma Grab (yang saya tau). Sedihnya masak radius 4km cuma ada 1 driver. Jadi mikir, *Lho?! bisa mikir to?* Asemm! Isi kepala gue otak bro bukan kue putu ayu. Bikin shewot saja! 

Sampe mana tadi,? (Nelen ludah) Emm.. kalau cuma 1 driver trus butuh waktunya mepet. Ngandelin driver ojek online. pas mau order eh keduluan orang lain trus piye? Trus gimana?

Sambil mikir, saya taruh hape di pangkuan trus nyruput kopi. Lamunan pun berlanjut naik ke awang-awang jauh menembus genteng, awan kelabu dan... Seterusnyah, mbuh wis! Anu, Kalau sekarang di Blitar sudah ada Grab Bike, bukan tidak mungkin to sebentar lagi Go-Jek dan ojek-ojek online yang lain akan menyusul?. Berarti perkembangan teknologi di kota Blitar akan berkembang pesat. Nah gimana caranya kita bisa ikut ambil bagian di dalamnya bro? Kan asyik dan membanggakan bisa ikut ambil bagian memajukan daerah sendiri. Iyo opo ndak?! *Opo enaknya risen trus daftar Grab?* Huhuuu.. bisa jadi! *atau malah bikin aplikasi ojek online sendiri?* wah ini ni,. Tantangannya boleh ni. *sok iye lu!*

Hahahaaa.. namanya juga ngelamun,. Balik Ngacir bareng ojek online Grab bike Blitar. Cerita ngelamunnya uadahan aja, lanjut olah raga jempol tangan untuk mencari info tentang seberapa pesat 'populasi' *kayak anuan aja* driver grab bike di daerah Blitar. Dari beberapa situs yang mengulas ojek online di Blitar, ternyata jumlah driver Grab Bike kota Blitar sudah lumayan banyak. Sayangnya driver-driver tersebut masih terkonsentrasi di wilayah kotamadya saja. Sementara untuk wilayah kabupaten Blitar jumlahnya masih bisa di hitung jari.

Hal ini mungkin di pengaruhi oleh sarana dan prasarana teknologi yang masih minim khususnya jangkauan jaringan sinyal internet. Sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah kabupaten cenderung enggan untuk mencoba memanfaatkan teknologi. Dari survey kecil-kecilan yang melibatkan beberapa orang tetangga, saya dapat menyimpulkan bahwa animo masyarakat dengan teknologi internet cukup tinggi akan tetapi seperti telah saya singgung di atas sarana dan prasarana internet kurang mendukung. Menyinggung soal ojek online seperti contoh Grab Bike atau Go-Jek, 100% responden menjawab 'Tidak Tahu' (Ad...duhhh... mengenaskan)

Tapi ndak apa-apa, yang penting minat masyarakat terhadap internet masuk desa masih tinggi. Dengan harapan ini semoga pemerintah desa setempat, khususnya Dusun Ngobalan, Desa Dadaplangu kec. PONGGOK dapat membantu mem- fasilitasi dan melobi pihak-pihak terkait guna meningkatkan sumber daya warga setempat demi kemajuan desa. Kira-kira begitu Bapak-bapak aparat ya. Heheee...

Ehemmm... akhirnya nglantur jugaa.. Hihiks. Lanjutt... seperti yang sudah saya singgung di atas, jumlah driver Grab yang masih sedikit di wilayah kabupaten cukup membuat saya was-was jika berurusan dengan waktu dan jadwal on time. Seperti yang terjadi hari ini (pas saya nulis). Waktu keberangkatan di tentukan pukul 10:00 on time.

Kalkulasi waktu lebih efektif menggunakan grab bike daripada angkutan umum. Jarak tempuh dengan Grab hanya 1/2 jam sementara angkutan umum bisa memakan waktu 1.5 jam lebih. Waktu yang berharga untuk bercanda dengan anak bukan,? Tapi ya itu tadi, minimnya driver menjadi pertimbangan tersendiri. Dari pada mengandalkan Grab ternyata saat di butuhkan, drivernya lebih dulu di order orang, akhirnya saya mengalah menggunakan angkutan umum dengan resiko berangkat 2 jam lebih awal.

Perhitungan saya ternyata ndak meleset,. 45 menit menungggu, angkot/ bus mini pun tak kunjung datang. Saran istri coba cek Grab bike siapa tau drivernya belum di order orang,. Check & ricek aplikasi, alhasil benar, driver belum ada yang order. Langsung klik 'pesan' estimasi OTW driver Grab ke rumah 4 menit. Oheh lah kalo begitu, bercanda dulu dengan anak-anak sebelum pergi.

Dann... seperti di jakarta, malah menurut saya driver Grab bike Blitar yang bernama Mas Aditya ini sangat ramah dan sopan. Begitu sampai di depan saya, senyum dan salam terlontar dengan bahasa nasional lembut. Secara, kita sama-sama satu daerah satu kampung dan satu bahasa. Kalaupun menggunakan bahasa lokal pastinya saya juga paham, tetapi driver grab Blitar ini tetap menunjukkan profesionalisme-nya. Saya pun pamit anak istri *cipika cipikih?* pasti donkkk.. saya pun ngacir dengan Grab Bike kota Blitar. Selama dalam perjalanan ndak banyak terjadi komunikasi. Begitu juga sang driver mas Aditya ndak banyak bicara. Hanya seperlunya seputar berangkat jam berapa, say hello perkenalan sekedarnya dan... ini driver yang saya suka.

Ojek Online Blitar Grab Bike
Ini dia sang driver Grab Bike Blitar yang ramah itu bro..
Hehee.. maap ya, terus terang saya kurang suka dengan driver yang terus-terusan ngajak ngobrol. Karena bagi saya saat menjadi penumpang, saat itulah saya ingin menikmati perjalanan. Tengok kanan tengok kiri melihat apa yang ingin saya lihat selama perjalanan. Terlebih saya cukup kesulitan ngobrol dengan orang yang baru saya kenal.

Tapi Mas Aditya driver ojek online Grab bike Blitar ini sepertinya bisa menempatkan diri. Nggak banyak bicara dan fokus sebagai driver profesional. Saya suka itu. Sayangnya saya lupa ngasih bintang, duh maaf mas yo! Endingnya yang jelas saya menikmati perjalanan dengan Grab Bike ojek online yang mulai tumbuh di Blitar.

Terus apalagi yang mau saya tulis?,. Sampai di sini kok bingung ya?!,. (Sambil masang selimut, AC bus dingin bingit)

Eh iya, saya tadi bilang 'titik penjemputan' yo,? Anu bro, itu titik agen bus Blitar - Jakarta. Karena pool utama ada di Tulungagung, penumpang dari agen Blitar akan di jemput dengan travel. Bus mania pasti tau bus apa yang induk PO -nya di Tulungagung, yups Harapan Jaya atau bus mania bilang HJ.

Untuk perjalanan kali ini saya pakai yang murah meriah saja. Soalnya kalau pakai yang Luxury atau Executive class nggak kuat sama AC-nya, dinginnya ampun. *Helleh bilang aja ndak ada duit* Hixixixixixiii.. nggak gitu bro... kalau sama anak istri mah boleh laa Luxury executive biar pada seneng,. Lha ini cuma sendiri ngapain pula buang-buang duit buat enak-enakan sendiri. Ya nggak.. ekonomis sikit la kayak orang-orang itu *songongnya kambuh* Nggak songong bro tapi ngeselin.


Yang pasti kelas 'Cepat Terbatas' pun nyaman. Duduk di bangku 1B pandangan luas, bisa liat apa yang di lihat supir. Pelayanan awak bus patas PO Harapan Jaya juga ramah khas jawa timuran, ndak beda dengan kelas executive. Soale orangnya itu-itu juga bro wkwkwkkwk... Intinya ikut Harapan Jaya nyaman lah sampe bisa nulis update -an blog Dion Mloto kayak gini.

 
Dion Mloto
Penampakan manusia yang mau naik cuy

Jangan lihat yang depan, Fokus yang di belakang saja
Gimana nggak nyaman coba, nulis di iringi full video musik New Pallapa Monata *Nyindir apa terus terang nie??* Wkwkwk... enggak bray, apa adanya.. Sesekali bisa ngelirik goyangan stang kemudi pak supir. *Mo ngelirik cewek juga dah ndak laku* adanya kaca depan, driver dan co-driver, ya sudah itu saja yang di lirik.

*Sampai di sini dulu yo,. nanti di sambung lagi, pegel cuyy..*


0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,