Home » , , » Lampu Meja Limited Edition - Lampu Belajar Unik Dari Pendingin CPU | Handicraft Lampu Kerja

Lampu Meja Limited Edition - Lampu Belajar Unik Dari Pendingin CPU | Handicraft Lampu Kerja

By Dion Mloto on 24.12.17

Salam jumpa lagi dengan Dion yang selalu mloto dengan creative isengnya,. Guys, kali ini saya mau curhat tentang ulah usil tangan saya yang ndak bisa diem yaitu bikin lampu meja belajar yang berasal dari barang bekas. *Barang bekas mulu* iya donk dari ada di buang sayang lapuk juga enggak, kasian anak cucu kita nanti kan?.

Oke bro Handicraft lampu kerja ini saya bikin dari barang bekas antara lain:
  • Reflector lampu downlight
  • Pendingin Processor CPU komputer
  • Papan kayu bekas pallet box
  • Lis kayu ulin bekas uk. 1cm X 1cm
  • Papan kayu lapis uk. 15 cmX 20cm X 3cm
  • Mur baut panjang 3cm diameter 4mm
  • Sekrup 2cm
Bahan elektronik untuk membuat handicraft lampu meja belajar ini antara lain:
  • LED HPL 10 watt 12 volt (yang ini beli ya bro)
  • Kabel 1.5 meter
  • Trafo 300mA
  • Elco 1000mF/25volt
  • Diode 1 ampere
  • Saklar togel kecil
  • Rumah charger hape bekas
Alat dan perlengkapan untuk membuat handicraft lampu kerja unik ini seperti biasalah yang tiap hari di pakai oleh tukang kayu sama tukang servis eletronik. Masak harus di jelasin sih *Iya donk biar paham!* Duhh... oke dahhhh.... Ini ni.. berikut alat dan perlengkapan untuk membuat lampu meja kerja unik dari barang bekas ini:
  • Satu, Penggaris Siku-siku
  • Dua, Bor berikut matanya ( yang besi ya bro, ukurannya 3, 3.5, 4 sama 6 mili yaa..)
  • Tiga, Gergaji kayu
  • Empat, Gergaji besi
  • Lima, Pensil
  • Enam, Amplas
  • Eh iya, Tujuh, Mata bor hole saw diameter 5cm
  • Delapan, Solder dan timahnya
  • Avometer (analog atau digital sami sareng sami mawon podo ae), Terakhir...
  • Jala-jala listrik PLN ( kalau ndak ada listrik PLN ya lampu kerja uniknya ndak bisa nyala, mosok mau di colok hidung,. lak yo masa aloohhh... )
Anu bro ini nanti apa yo detailnya harus saya tulis satu per satu yo,. bih lak bhosen bacanya? Wis gini aja handicraft unik lampu meja belajar ini langsung saya kasih gambar saja terus saya kasih keterangan-keterangan yang mungkin jadi pertanyaan kawan-kawan semua. Yang jelas kalau harus di terjemahkan seperti tulisan saya yang dulu-dulu misalnya handycraft unik Rangkaian lampu JT atau lampu emergency dengan HT dan yang lainnya, wah waktunya ndak cukup kang bro, maklum sekarang sudah jadi orang sibuk, sibuk nyari duit, sibuk dagang, sibuk jual jasa, sibuk membangun usaha e?! *ckckckkckckc... ce' sombonge rekkkk...* lho iya! Senajan kere yang penting sombong dulu! *Byuhhh!!!* Ho oh nu! dari pada sudah kere minder'an pula, hayo?! lak tambah sengsaranya? wis balik lagi.

Handicraft lampu meja belajar memang sudah banyak di pasaran bro, tapi ndak ada yang seperti bikinan saya,. Sampeyan cari sampai kutub utara juga ndak bakal ada yang nyamain. Limited edition lah istilahnya, bukan apa-apa cuy, jangankan beli handicraft lampu kerja impor dari luar negeri yang sama dengan punya saya,. Lha wong saya sendiri suruh bikin yang sama persis dengan lampu meja kerja ini juga ndak bisa kok. Apalagi impor, Okelah impor bahannya pasti bikinan pabrik dan barang bagus tapi pasti ada yang sama to? ndak mungkin pabrik bikin atau nyetak barang cuma 1 buah.

Kalau orang lain juga punya barang yang sama, trus nilai unik nya dari handicraft itu apa bro? "Lhah? kok ente juga punya lampu belajar kayak gitu, ane juga punya. Sama persis, impor dari anu kan" Hadeuhh.. kalau ada tamu bilang begitu. Nah itu dia kenapa saya kasih nama "Lampu meja kerja limited edition" wkwkwkwk.... 

Handicraft lampu belajar ini jadi unik dan mahal karena ketersediaan bahan. Ndak setiap saat kita bisa mendapatkan bahan yang sama bro,. beli juga ndak ada toko yang jual wong bahannya dari bekas buangan. Jadi ketersediaan bahan sangat terbatas, begitu juga dengan handicraft -handicraft unik saya yang lain.

Nah di bawah ini saya kasih lihat gambar-gambar detail handicraft unik bikinan Dion mloto.

Gambar di atas adalah penampakan lampu meja belajar unik limited edition broo hehee..

Gambar ini penampakan tangkai lampu handycraft unik. Tangkai menggunakan kayu lis ukuran 1cm X 1cm di potorng acak. Di amplas sampai halus kemudian di lubangi sesuai mur baut yang di gunakan seperti tampak pada gambar.

Yang ini adalah penampakan pada bagian kaki. Terlihat di sana kayu lis di sekrup dengan papan tatakan 15cm X 20cm X 3cm sebanyak 2pcs. Papan tatakan di bentuk sedemikian rupa sehingga di dapatkan lubang ukuran 3cm X 27cm sebagai tempat menyembunyikan rangkaian elektronik berupa penurun tegangan.

Ini dia penampakan rangkaian eletronik penurun tegangan atau yang biasa di sebut adaptor oleh masyarakat umum. Cara merakit adaptornya cukup mudah dan bisa di lihat pada gambar skema rangkaian penurun tegangan di bagian bawah halaman ini.

Detail dari rangkaian penurun tegangan handicraft lampu belajar unik. Bahan tidak harus sama persis guys,. trafo bisa menggunakan yang 500mA kecil atau yang ada di pasaran deh biar enak, diode saya menggunakan diode bridge dari copotan bekas Psu printer. Sobat bisa menggunakan diode biasa 1/2 - 1 Ampere. Elco terserah yang penting di atas 470uF volt nya 25volt ke atas.

Ini penampakan lampu meja kerja unik saat tangkai di lipat. Cukup simpel saat di bawa kemana-mana.


Penampakan lebih jelas dari lampu belajar unik limited edition. Di sana terlihat reflektor lampu downlight menempel pada papan kayu pallet ukuran 10cm X 10cm X 1.5cm yang sudah di lubangi. Di belakangnya menempel pendingin lampu LED HPL alumunium bekas pendingin processor komputer.

Penampakan dari depan handicraft unik lampu belajar. Tampak di sana LED HPL yang menempel pada pendingin alumunium. Kayunya nggak kelihatan karena sudah di lubangi dengan bor hole saw diameter 5cm sesuai dengan lubang pangkal reflektor downlight.


Ini penampakan dari belakang lampu kerja unik handycraft wong Blitar wkwkwkkwkk...


Di belakang sana terlihat charger hape, tapi sebenarnya itu bukan charger melainkan hanya di ambil box-nya saja karena ndak punya steker/colokan listrik. Jadi hanya di manfaatkan colokannya saja sebagai pengganti steker listrik, sementara rangkaian chargernya di buang karena ko-it.


Dan terakhir seperti itulah penampakan handicraft lampu meja unik limited edition dari barang bekas ini.

Selanjutnya saya sedikit bingung harus menerangkan apa lagi untuk memperjelas hasil kreatif inovatif yang nggak bisa di modif ini. Hanya itu saja cerita unik kreatif yang bisa saya sampaikan kepada anda para pemirsa blog dion mloto. Dan berikut ini gambar rangkaian penurun tegangan yang tadi sudah saya singgung di atas. Selamat meneyedot dan selamat berkarya untuk anak cucu kita nanti.

"Ada Niat Selalu Ada Jalan"




0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,