Home » , » Modif Baterai Lampu Emergency Dengan HT (Handy Talkie)

Modif Baterai Lampu Emergency Dengan HT (Handy Talkie)

By Dion Mloto on 29.5.17

Modifikasi Baterai Lampu Emergency Dengan HT
Salam jumpa kawan, masih dengan saya dion mloto yang setiap update bahasanya acakadut campur bakso dan serabi. Simpel saja, Kali ini saya mau mencatat hasil dari acara iseng dengan baterai HT ( Handy Talky ) bekas yang saya gabung dengan lampu emergency. Judulnya cukup sederhana yaitu Modif Baterai Lampu Emergency Dengan HT.

Lampu emergency kadang memang kita abaikan di saat tidak terjadi masalah pemadaman listrik. Tetapi saat listrik mati mendadak baru deh kita ingat pentingnya lampu emergency yang berfungsi normal. Pun juga perawatan lampu emergency sering kita lupakan apabila listrik telah menyala kembali. Betulkah?

Mengapa kita sering kali mengabaikan dan menganggap perawatan lampu emergency itu tidak penting? ya karena kita merasa tidak begitu perlu di saat kondisi jala-jala listrik tidak ada masalah. Terlebih karena pada saat membeli Lampu emergency kita terbuai kata-kata sales bahwa lampu tersebut tidak perlu perawatan,. Kikikikiki... Namanya barang terpakai sebagus apapun ya tetap perlu perawatan kawan. Problem utama pada lampu emergency yang saya adalah pada baterai. Baterai yang sudah lama terpakai staminanya juga akan menurun *jadi stamina bukan hanya untk manusia ya hee..*

Terkadang kita menganggap bahwa baterai lampu emergency tidak akan drop karena jarang terpakai. Anggapan itu saya rasa kurang tepat ya, apalagi untuk lampu-lampu emergency yang harganya murah meriah. Dengan harga yang sangat efisien itu maka komponen pendukungnya pun juga efisian alias seadanya. Di tambah kita sering lupa mencabut steker charging dari stop kontak. Jadi yaa... ibaratnya baterai sudah kenyang tetapi masih terus di kasih makan, ya muntah lah akhirnya.

Cara Mudah Modifikasi Kreatif Baterai Bekas
Modif baterai lampu emergency dengan HT ini maksud saya bukan menggabungkan HT (handy talky) dengan lampu emergency secara utuh ya. Tetapi yang saya gunakan adalah baterai HT yang sudah drop (kata yang punya) sebagai pengganti baterai lampu emergency bawaan pabrik yang sudah angfal dengan sedikit modifikasi.

Mesthi deh ya kalo nulis banyakan ngomong,. ye ye ye lanjuttt... nah sepertinya sebelum me modifikasi lampu emergency dengan baterai HT lebih dulu harus liat Cara Menambah Ampere Baterai dulu ya. Di sini ni pencerahannya. Soalnya tanpa menggunakan cara ini maka lampu emergency tidak akan bertahan lama karena ampere ( orang awam menyebut daya ) baterai HT jauh di bawah standard baterai lampu emergency.

Setelah kita bisa modifikasi dengan menambah ampere baterai, kita perlu tes dulu dengan charging baterai HT modif-an. Bisa di lihat di sini dengan judul Cara Menambah Daya Baterai. Terlihat banyak dan terkesan sulit tapi sebenarnya saat di praktek-kan sangat simple.

Setelah melalui tahapan di atas dan baterai sudah siap dengan voltage sama dan ampere oke. maka tinggal bongkar lampu emergency nya. Cabut baterai bawaan pabrik yang sudah soak dan ganti dengan baterai HT modif yang sudah kita buat tadi. Tinggal ptotong kabel positif baterai lama dan sambung dengan kutub positif baterai HT. Begitu juga dengan kabel negatifnya.

Catatan:
Pada saat proses bongkar pasang baterai dan pengkabelan, jangan sampai kabel-kabel baterai beradu. Memang sih tegangannya kecil tetapi ampere baterai cukup besar. Bahaya banget juga enggak tetapi kalau beradu cukup membuat kita kaget. Soalnya timbul percikan api. Sebaiknya sebelum di sambung, kabel-kabel baterai HT modif di isolasi dulu. Jika settingan tempat sudah pas, barulah isolasi di lepas dan langsung di sambung.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini saya sertakan cuplikan video Modifikasi Kreatif Lampu Emergency. Tapi jangan tertawa intronya sedikit malfungtion rada-rada pamer rambut tapi gagal hahahaaa...
Dan kalau pengen liat video saya yang lain silakan subcribe saya di sini



0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,