Home » , , » Electric Hydrant Pump | Pompa Listrik Untuk Hydrant

Electric Hydrant Pump | Pompa Listrik Untuk Hydrant

By Dion Mloto on 29.5.17

Electric Hydrant Pump - Pompa Hydrant Electric
Bahasanya keren ya, electrik hydrant pump alias pompa hydrant listrik adalah suatu unit pompa yang berfungsi untuk men-suply air pada sistem pemadam kebakaran gedung bertingkat tinggi dengan daya dorong yang lebih besar dari pada jockey pump.

Fungsi utama dari electric hydrant pump adalah men-supply air dari ground tank atau tangki ruang pompa menuju titik - titik di mana valve hydrant terbuka melalua jaringan pipa hydrant yang sudah di atur sedemikian rupa pada saat pembangunan gedung bertingkat. Titik valve hydrant yang terbuka ini maksudnya adalah entah itu hydrant pilar maupun hydrant box yang terkoneksi dengan jaringan system hydrant gedung. Asumsinya adalah pada saat valve hydrant terbuka maka di tempat tersebut sedang terjadi kebakaran di mana sprinkler system sudah tidak mampu menanggulangi besarnya api.

Jumlah valves yang terbuka akan menentukan tingginya tekanan air di dalam pipa instalasi hydrant. Semakin banyak valve di buka untuk di fungsikan maka tekanan akan semakin turun Jika kemampuan electric hydrant pump sudah mencapai batas maksimum maka pancaran air yang keluar dari nozzle pun tidak maksimal. Untuk itu di perlukan pompa cadangan lain yaitu diesel pump.

Oleh sebab itu dalam hydrant system maupun sprinkler system pada gedung tingkat tinggi di perlukan masing-masing 3 unit pompa untuk mem-backup kebutuhan air dalam proses pemadaman api. Selama jaringan listrik gedung masih berfungsi maka tugas utama dalam penyaluran air ke titik2 kebakaran di bebankan pada electric hydrant pump. Tetapi hal ini tidak baku, penggunaan electric pump dan diesel pump tergantung dari situasi dan kondisi lapangan.

Apabila titik kebakaran sulit di jangkau dengan 1 atau 2 hydrant box maka akan di bantu dengan membuka hydrant box atau hydrant pilar lain untuk mempercepat proses pemadaman. Dengan kondisi seperti ini maka electric hydrant tidak akan mampu men-supply maksimum dan tekanan akan trurun drastis. Di sinilah fungsi diesel hydrant pump berperan meskipun jala-jala listrik gedung masih berfungsi. Dalam tulisan saya Cara Kerja Fire Hydrant Gedung Bertingkat sudah saya singgung di mana unit - unit dalam hydrant system bekerja bahu membahu dalam mensupply air guna menanggunlangi kebakaran yang terjadi.

Saya kira sudah cukup penjelasan tentang apa yang di maksud dengan electric hydrant pump dan fungsinya. Secara fungsi mungkin sama dengan pompa-pompa lain, yang membedakan adalah kapasitas dan sumber tenaga. Diesel hydrant pump menggunakan tenaga diesel, electric dan jockey pump sama-sama menggunakan tenaga motor listrik tetapi berbeda dalam kapasitas supply.

Mohon maaf jika salah menjelaskan *karena mata juga sudah ngantuk* sekian saja terimakasih sudah mampir.

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,