Home » , » Cara Mudah Cek Psu Komputer Mati Atau Tidak Tanpa Motherboard

Cara Mudah Cek Psu Komputer Mati Atau Tidak Tanpa Motherboard

By Dion Mloto on 20.5.17

Cara Cek Psu Komputer Mati Atau Tidak
Salam jumpa lagi dengan dion mloto yang masih selalu mloto,. Xixixiiiii... kali ini sedikit sharing tentang cara mudah cek psu komputer mati atau tidak tanpa menggunakan motherboard. Cara ini saya pakai untuk cek psu komputer bekas yang sudah tidak terpakai. *Biasanya dapat dari sampah hahahaha...*  Jadi pas nemu psu komputer langsung cari stop kontak cek langsung di tempat. Jadi cek psu nya tanpa motherboard. Jangan sampai pulang bawa rongsokan tanpa bisa di pakai. Rumah bisa jadi gudang rongsok donk.?

Cara cek psu komputer untuk memastikan bahwa Psu tersebut mati atau tidak cukup mudah,. Tanpa bantuan motherboard pun bisa di lakukan. Kita hanya butuh kabel pendek sebagai jumper saja,. Lebih mudah menggunakan kabel LAN atau klip kertas juga bisa. Eh iya pastinya jala-jala listrik dan AC cord tersedia ya.. Kok yang di perlukan jadi banyak? Ya iya donk tanpa listrik bagaimana cara cek psu nya, AC cord kita bisa pinjam sebentar dari temen kan,. orang cek psu nya nggak lebih dari 5 menit.

Langsung saja ah kelamaan banyak cincong,. Saat kita mendapatkan Psu atau saat mulai melakukan cek psu komputer, pastikan unit PSU tersebut berdiri sendiri tanpa tersambung dengan perangkat lain.. Cabut semua kabel output menuju motherboard. Juga pastikan sudah tidak terhubung dengan jala-jala listrik di stop kontak. Dengan menggunakan mata obeng putarlah baling-baling fan yang ada di dalam unit PSu. Hal ini untuk mengetahui apakah kipas masih hidup atau sudah mati. Jika baling - baling seret atau macet cara mudah cek psu komputer ini akan sedikit menjadi rumit. Tapi jika kondisi baling - baling fan lancar dan fine fine saja, cara mudah cek psu ini langsung menginjak langkah berikutnya.

Kenapa kita harus memastikan fan dalam kondisi baik, tidak macet terlebih dahulu? Sebab, dalam proses cek psu komputer ini kita hanya mengandalkan gerakan kipas pendingin psu tanpa menggunakan alat pengukur listrik apapun.

Jika fan sudah oke maka langkah berikutnya yaitu menghubungkan psu dengan jala-jala listrik PLN dengan AC cord. Setelah di pastikan psu komputer terhubung dengan listrik, saatnya kita cek apakah psu komputer tersebut mati atau tidak. Caranya, ambil kabel pendek kira-kira 3 cm,. Dalam sharing kali ini saya menggunakan kabel LAN karena lebih kaku sehingga lebih mudah di masukkan ke soket. Kupas kedua ujung kabel dengan tang atau gigit saja kalau mau,.. (asal jangan kabel NYA 2.5mm saja ya) Rontok tuh gigi.

Setelah itu hubungkan kabel warna hijau yang berada di jajaran socket output psu komputer dengan kabel warna hitam di sebelahnya (dalam jajaran kabel hijau tersebut). Haddeuh gimana ini kok mbulet, jumper kabel hijau dengan kabel hitam gitu lah maksudnya. Dengan cara ini maka kita akan tau apakah psu komputer tersebut sudah mati bin tewas atau tidak. Cara lihatnya gimana? kalau kabel hijau dengan kabel hitam sudah di jumper harusnya fan pendingin psu akan ON menyalan alias hidup.

Jika Fan tidak menyala sama sekali, coba goyang-goyang kabel jumper, siapa tau karena longgar dua kabel tersebut tidak terhubung. Jika sudah di goyang fan atau kipas pendingin nggak nyala juga, kemungkinan besar psu komputer tersebut sudah wassalam.

Dah, cukup sekian saja sharing tentang cara mudah cek psu komputer mati atau tidak tanpa menggunakan motherboard ini. Terimakasih silakan tiinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Saya bukan ahli tapi kalau saya bisa, InsaAllah akan saya jawab.

Buat yang masih bingung dengan bahasa saya, di bawah ini ada sedikit video iseng tentang cara mudah cek Psu PC tanpa motherboard


2 comments:

  1. Setelah itu hubungkan kabel warna hijau yang berada di jajaran socket output psu komputer dengan kabel warna hitam di sebelahnya



    he he he warna HIJAU ya bos, salah ucap mlulu di videonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahahahahhaahahayyy... iya bos, warna hijau. Maklum lidah udik susah bedain warna wkwkwkwkwkwkwkkkwkk...

      Delete

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,