Home » , » Penyebab Kipas Angin Macet, Berputar Pelan | Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati

Penyebab Kipas Angin Macet, Berputar Pelan | Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati

By Dion Mloto on 27.4.17

Penyebab Kipas Angin Berputar Pelan dan Macet
Hallo kawan,. ketemu lagi di artikel koplak saya Dion Mloto. Agak jarang update karena satu dan lain hal yang berurusan dengan nasi,. jadi mohon mangap kalau update-tan-nya nggak rutin. Kali ini saya mau nulis (bukan ngajari ya) soale saya bukan guru dan nggak pinter. Jadi cukup saya menulis saja tentang penyebab kipas angin macet atau berputar pelan dalam bab cara memperbaiki kipas angin mati.

Langsung saja penyebab kipas angin macet atau berputar pelan setau saya ada dua. Petama yaitu mekanik yang terletak pada dudukan poros motor yang biasa di sebut "Boss" untuk kipas angin yang menggunakan bos sebagai dudukan rotor. Penyebab kipas angin berputar pelan bisa jadi dari bearing (orang pinter bilang laher atau klaker) yang sudah aus karena pelumasnya kering, ini untuk kipas angin yang menggunakan bearing sebagai dudukan as rotor.

Penyebab kipas angin macet atau berputar pelan berikutnya yaitu putusnya salah satu kabel kumparan stator motor kipas angin. Karena masing - masing gulungan pada kipas angin itu saling bekerja sama dalam membentuk medan magnet maka jika salah satu kabel kumparan stator motor nya putus maka medan magnet yang terbentuk tidak merata alias pincang. Nah lihat videonya di sini biar lebih jelas soal kabel kipas angin yang putus.

Baca juga: Cara Melepas Motor Kipas Angin Yang Macet


Terkadang saat ada kejadian kipas angin yang berputar pelan, orang akan langsung memvonis rusak di bagian anu dan anu tanpa melakukan cross check terlebih dahulu. Biasanya yang sering jadi terdakwa adalah capasitor. Pada hal belum tentu dia yang bersalah. Sialnya yang punya kipas juga iya - iya saja dan langsung beli capasitor baru buat ganti. Sudah di ganti ternyata si kipas angin tetep aja kayak gitu. Nah loh?! kasihan capasitor... kasihan kasihan kasihann...

Bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kipas angin yang macet bin berputar pelan meskipun speed control sudah di angka maksimum? Saya mencatatnya dalam bentuk video. Bukan sok gaya tapi karena saya sering lupa, jadi pas lagi memperbaiki kipas sengaja saya record dalam bentuk gambar bergerak. Jadi enak tinggal liat aja tanpa harus konsentrasi baca. Link videonya saya kasih judul Cara Melepas Motor Kipas Angin Macet [klik saja]

Nah saya kira hanya itu penyebab kipas angin macet dan berputar pelan. Untuk cara memperbaikinya nanti saya catat lagi di lain judul biar enak dan fokus.

Buat yang kesulitan bab nyolder baterai silakan berkunjung di tulisan saya dengan judul Cara Mudah Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas

Eh iya, kalau lihat gambar atau video, di pojok kanan bawah ada logo, mungkin dulu ada yang pernah lihat web dengan logo utama seperti itu,(Mungkin kawan-kawan dari RC lovers). Iya memang itu punya saya. Berhubung kurang tenaga pengelola jadi web nya tewas dan logo itu masih saya pakai. Jadi ndak ngambil punya orang ya,.

2 comments:

  1. RAHMAD
    Terima kasih banyak atas panduan yang dibagikan,akan kita coba pada kipas angin di rumah, Salam

    ReplyDelete

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,