Home » , » Cara Membuat Gagang Pahat DIY | How To Make Wood Chisel | Bikin Gagang Pahat Kayu

Cara Membuat Gagang Pahat DIY | How To Make Wood Chisel | Bikin Gagang Pahat Kayu

By Dion Mloto on 18.11.16

Salam jumpa lagi di pagi yang cerah *nulisnya pagi soalnya hèe..*  Oke kali ini saya akan meneruskan artikel terdahulu tentang how to make wood chisel DIY.  Setelah proses menyepuh besi baja bakal pahat kayu maka langkah berikutnya adalah membuat gagang pahat.


Untuk membuat gagang pahat kayu, di butuhkan kayu dengan kriteria keras tapi lunak *nah loh?* hee.. Jasi begini kawan, kayu yang saya maksud adalah jenis kayu yang keras tetapi seratnya liat (alot bin ulet bahasa saya mah). Kenapa kita memilih kayi yang seperti ini? Gunanya agar pada saat d gunakan/ di pukul palu berat, gagang pahat tersebut tidak pecah dan ambles.

Contoh kayu yang tidak bagus buat gagang pahat adalah kayu ulin,kayu bakau,kayu kalimantan dsb. Kayu-kayu tersebut jika di pukul dengan palu berat akan pecah.

Contoh kayu yang ambles dan hancur jika d pukul adalah kayu randu (pohon kapuk jes),kayu sengon,kayu jati dsb. *lho?kayu jati kan bagus?* Bagusnya buat apa dulu? Buat mebeler oke tapi coba anda pukul dengan palu 1kg, mleseg!

*Trus yang bagus apa donk?*

Jenis kayu untuk membuat gagang pahat yang bisa menjadi pilihan adalah kayu waru,kayu tepeng yang sudah tua,kayu asem,kayu wadang dsb.

Lanjut ya, dalam membuat gagang pahat kayu kali ini saya menggunakan kayu yang ndak jelas jenisnya. Soalnya saya dapat kayu juga cuma sepotong ukuran 4 X 3cm bekas bongkaran kantor. Jadi mohon maaf ndak bisa menerangkan lebih detail. Yang pasti seratnya cukup bagus (saling silang), semoga ndak somplag atau ambles.

Lanjut lagi, alat-alat yang di butuhkan untuk membuat gagang pahat kayu home made DIY ini adalah

Pisau cutter
Palu
Gergaji kayu
Gergaji besi
Siku
Meteran
Bor tangan
Mata bor uk. 3.5mm

Bahan-bahan:
Kayu (kriteria sudah saya terangkan di atas)
Bearing bekas 6303 (kalau ada)
Tutup drain wastafel toto (kalau punya)
Pipa besi 3/4 inchi (yang tipis saja)
Paku reng kayu (uk. 1 1/2 inchi)

Jika bahan dan alat tersebut sudah siap, langsung saja kita mulai untuk membuat handicraft gagang pahat kayu ini. Yuk cekibrot atu-atu....

Pertama potong kayu dengan panjang kurang lebih 12cm dengan menggunakan gergaji kayu. Pake gergaji besi juga bisa, tapi ini cara yang salah dan tidak saya rekomendasikan. *waktu sekolah saya pernah di getok mistar guru kejuruan karena menggunakan alat tidak sesuai fungsinya broo..*

Kemudian potong pipa 3/4 inchi sepanjang 1.5cm sebanyak 4 buah. Potongan pipa ini nanti akan kita gunakan untuk cincin (Bahasa kampung ku 'karah') gagang pahat yang akan kita buat.

Dengan menggunakan bor 3.5mm,buat lubang pada salah satu sisi kayu bakal gagang pahat. Lubang harus lurus broo.. kalau miring nanti pahatnya juga miring. Jadi fungsi lubang ini nanti untuk menancapkan baja pahat. Kemungkinan lubang kurang lebar jika menggunakan mata bor 3.5mm. Korek aja sisi luarnya dengan bor tersebut, jadi bagian dalam tetap 3.5mm bagian luar sesuaikan dengan pangkal pahat. Usahakan lebih sempit.

Jepit kayu di ragum dengan posisi tegak lubang berada di atas. Taruh potongan pipa 3/4 di atas kayu. Posisikan lubang tepat di as (titik tengah) pipa. Dengan pensil, lingkari bagian dalam pipa (di mal gitu lo broo.. opo bahasane)

Abis itu.. taruh potongan pipa di samping kayu. Luruskan bibir pipa dengan bibir kayu bagian atas. Tandai bagian bawah pipa lalu pindahkan pada ke 4 sisi kayu. Garis keliling di tempat yang di tandai tadi.

Setelah di garis, dengan menggunakan gergaji kayu, potonglah bakal gagang tadi melingkar mengikuti garis. Tapi awas, potongan jangan sampai melewati garis mal lingkaran. Kira-kira aja dulu misal 3mm gitu. Setelah itu kupas hasil mal-an tadi dengan cutter. Lakukan terus sampai cincin pipa tadi dapat di masukkan.

Lakukan juga untuk gagang pahat bagian pangkal. Sehingga bagian ujung dan pangkal gagang di ikat dengan 2 cincin besi. Kira-kira sampai di sini bisa membayangkan kah? hee.. *Bahasa ne muleg*

Nanti deh artikelnya di lengkapi gambar soale ngapdetnya cuma pake hape jadi ya di haral maklum..d



0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,