Home » » Cara Membuat Website Gratis | Blog Gratis Untuk Pribadi

Cara Membuat Website Gratis | Blog Gratis Untuk Pribadi

By Dion Mloto on 23.11.16

Ndak usah salam yo,. xixixixi.. Bosen kali tiap buka halaman salam mulu. Sip deh pokoknya katrok aja,. *koplak tenan yo*

Setelah tulisan-tulisan saya berkutat di dunia enginering dengan segala macam teknis njlimet seperti plumbing lah, hydrant,sprinkler, pahat, dak bocor, tembok bocor bin rembes, pasang kran, kitchen equipment dan lain-lain lah mbuh ra ngerti lah, sekarang saatnya rileks sebentar duduk di depan monitor sambil ngemil, ngopi wal udud *ndak di sarankan ya*.

Kembali ke topik rileks di depan monitor. Dalam postingan yang ke ... *mbuh berapa kalinya* ini, Dion Mloto mau menulis *bukan menulis tapi mencatat* tentang cara membuat website gratis atau blog gratis untuk pribadi.

Untuk membuat website gratis atau blog gratis untuk pribadi yang perlu kita siapkan adalah:
  • Komputer/laptop/Lepi/netbook/notebook/Smart phone *podo ae sama saja sami sareng*
  • Akses internet
  • Kopi/Teh/Cemilan (optional)


Kali ini untuk membuat website gratis atau blog gratis buat kepentingan pribadi, saya akan menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh google secara free bin gratis alias ga bayar. *emang ada website bayar?* lhoowww.. piye to?! nanti kita bahas yo. Kenapa saya perjelas "menggunakan fasilitas milik google" sebab sekarang ini banyak layanan inet yang menyediakan blog gratis untuk para membernya misal wordpress,webly dan sebagainya. Menurut saya layanan dari google memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebuah blog gratis.

Wokeh balik lagi tentang cara membuat website gratis, seperti yang saya bilang barusan, di sini saya menggunakan layanan free untuk membuat blog gratis alias blogspot. Introne kesuwen jesh!

Yo wis lanjut, silakan ketik "blogger.com" (tanpa tanda petik) di address bar. Jangan di google ya tapi di address bar. Mumpung inget, saya ulas sebentar. Soalnya suka salah kaprah antara address bar dengan google search bar. Address bar adanya di layar paling atas, saat layar di scroll ke bawah address bar nggak ikut gerak, cirinya lagi di sana pasti ada 'nama' yang di akhiri (.com) atau (.co.id) atau (.blogspot.com) dsb. Sedangkan 'google search' bar adalah tempat kosong di atas atau di samping tulisan 'google'. Bagi yang perangkatnya sudah terintegrasi google, biasanya langsung tampil di tengah layar, google search bar ada di bawah tulisan 'google' guuede seperti gambar di bawah ini.



Sesudah mengetikkan "blogger.com" tekan enter atau 'go' Nanti akan muncul halaman blablabla... cari aja tulisan 'Create Blog' Klik. 



Setelah di klik, akan muncul halaman baru yang meminta user memasukkan email. Sedikit saya bahas, email di sini harus email milik google yaitu email yang berakhiran @gmail. com milik user. Maksudnya gini, anda tentu sudah pernah memiliki email yang berakhiran @gmail. com kan (misal kucrut356@gmail. com) nah itulah yang di maksud. Masukkan email itu klik berikutnya dan masukkan sandi atau password nya. Lihat gambar di bawah ini biar tau urutan cara membuat website gratis, step ini sudah saya masukkan nama email saya dan tinggal memasukkan password.


Seh bingung? Poodo, aku yo bingung!
Ndak membingungkan sebenarnya, cuma karena kita baru, jadi ya sedikit tegang. Takut salah dan blablabla.. Santai saja! Ndak-ndak nek mbledos! Lanjutt... Kalau urutan cara membuat blog gratis dari atas sampai gambar di atas benar, maka kita akan di hadapkan pada halaman seperti tampak di bawah ini. Di sana ada beberapa bar isian berupa:

  • Judul, isi dengan nama blog atau website yang di inginkan. Contoh pada blog Dion Mloto, Judul ada pada tulisan di pojok kiri atas "Blog Dion Mloto" itulah judulnya.
  • Alamat, isi dengan alamat blog kamu. Bingung? emm... gini ni *gw juga bingung jelasinnya* Emm.. itu tu, alamat itu nanti akan keluar di address bar berupa blablabla.(dot)blogspot.(dot) com. Pada gambar di bawah, saya kasih contoh dionmloto. blogspot. com. "dionmloto" inilah alamat blog nya. Nanti kalau mau online dan pengen lihat blog kita, tinggal nulis alamat ini di address bar, Jangan ketik judulnya tapi ketik alamatnya. Terkadang alamat yang kita pilih sudah ada yang punya selain kita, terpaksa kita harus mengubahnya sampai ada tulisan di sebelah kanan bar berbunyi "alamat ini tersedia" artinya kita dapat menggunakan alamat tersebut sebagai alamat blog atau website yang sedang kita bikin. Mudeng apa Mumet? nek mumet tanya langsung saja via FB saya Deion
  • Template, Tamplate ini kalau buat gadgeter atau hape-er di sebut juga dengan wallpaper. Wis jelas to? silakan pilih template website sesuai selera. Gratis ndak di pungut biaya. Nanti juga bisa di ganti kok
Setelah beres, silakan scroll ke bawah, temukan tulisan "Buat Blog" di kanan bawah dari kotak template blog.



Urutan cara membuat website atau blog gratis untuk pribadi berikutnya kita akan di bawa ke halaman seperti tampak pada gambar di bawah ini. Kalau halaman kita seperti gambar artinya kita sudah sukses dan telah berhasil membuat website blog pribadi gratis tanpa ada pungli kecuali kuota internet, kopi plus udud. Di situ sudah saya kasih keterangan. Sementara itu saja dulu, point-point lain nanti akan menyusul.


Apalagi ya?


Ouh iya... tadi kan saya juga bikin blog baru. *Lhoh kok?* iya lah! bikin tutorial kayak gini kalau ndak sekaligus bikin blog atau website ya ndak bisa ngasih contoh nu?! Ini penampakan website gratis yang jadi model tulisan ini *emangnya plotrografi?!* 

Terlihat di sana tidak ada entri karena sesuai gambar di atas, saya tidak meng-klik "Entri Baru" alias saya belum membuat artikel atau tulisan sama sekali. Silakan di zoom biar keterangannya 'agak' jelas, soale lagi males nulis tapi ndak bisa tidur. Jadi yo mohon mangap!

Trus kelanjutannya gimana? Yo uwis tinggal nulis apa yang ingin di tulis. Kalau sekarang lagi malas nulis ya nanti kapan-kapan di buka lagi. Makanya akun blogger (email dan password) jangan sampai lupa. Catet di ponsel atau buku asal jangan di jidat, di ketawain ayam nanti. Saat punya ide nulis, langsung aja ketik di address bar (keterangan sudah di atas) "blogger.com" tanpa tanda kutip. Cari tulisan "SIGN IN' di kanan atas. Masukkan email dan password nanti akan langsung terbuka seperti gambar di atas tanpa ada urutan-urutan njlimet seperti ini.



Wis ya?! apalagi yang ketinggalan?

Owh iya. CATATAN 

  • Pada bagian alamat (setelah judul tadi), semua menggunakan huruf kecil. Jika alamat terdiri dari dua kata, misal 'dion mloto', harus di gabung tanpa spasi. Jadinya 'dionmloto.blogspot. com' atau website contoh di atas adalah 'switchingdion.blogspot. com' BUKAN 'switching_dion.blogspot. com' (ada spasi adalah salah)
  • Ada yang bingung soal dot com dot co dot id? heee.. com atau co. id itu nanti sudah otomatis di ganti oleh mesinnya mbah google. Ndak usah khawatir, tulis aja dot com gitu. Ambil yang mudah aja ngapain sulit-sulit. Sedikit menyinggung aja asal muasal akhiran dot CO dot ID. Di tulis dot COM kok jadi dot CO dot ID ceritanya karena kita tinggal di Indonesia. Udah itu aja, kalau misal kita tinggal di Inggris ya jadi dot CO dot UK, Singapura jadinya ya dot COM dot Sg. Domisili di Rusia ya dot COM dot Ru dan sebagainya. Hanya identitas negara.
Wis cara membuat website gratis atau blog gratis untuk kepentingan pribadi cukup sekian saja. Penak to?! Sip! Terimakasih sudah mampir. 10 menit lagi sudah berganti hari,. wis ngantuk jhes.



0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,