Home » , » Electrolit Condensator | Elco adalah | Pengertian Elco

Electrolit Condensator | Elco adalah | Pengertian Elco

By Dion Mloto on 1.10.16

Hay sobat yang lagi belajar tentang komponen elektronik, salam jumpa dengan saya dion dalam buku bulanan yang saya beri nama Dion Mloto. Kali ini saya sedikit mencatat tentang salah satu komponen elektronika yang biasa di sebut Electrolit Condensator dan di singkat dengan Elco.

Mungkin di sini saya tidak dapat menjabarkan secara rinci dan detail seluk beluk dari electrolit condensator atau elco. Dari mana asalnya terbuat dari apa cara dan prinsip kerjanya seperti apa sebab seperti yang saya tulis di setiap posting bahwa saya bukan ahli elektronika. Melainkan hanya pe-hobi elektronik.

Pendidikan terakhir yang saya ikuti berada di bidang civil alias bangunan bin kuli. Jadi di sini, dalam bab komponen elektronika khusunya elco saya tidak menjabarkan secara detail. Bukan karena pelit tapi memang ndak bisa.

Setau saya pengertian electrolit condensator ( Elco ) adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai filter tegangan, bisa juga sebagai penyetabil tegangan. Cara kerja elco ini menurut yang saya pahami adalah dengan cara menyimpan listrik sementara sebagai pengisi celah denyut pulsa-pulsa listrik. Begitulah kira-kira (lebih jelasnya silakan tanya pada Om-Om ahli electronik ya)


Dengan kata lain elco adalah penyimpan listrik sementara. Sesuai dengan namanya, electrolit condensator ( Elco ) berisi cairan yang di atur sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan listrik.

Yang di maksud 'menyimpan listrik sementara' adalah jika elco tersebut dalam keadaan di rangkai dengan komponen-komponen elektronik yang lain. Namun pada saat berdiri sendiri (tidak di rangkai) maka elco akan tetap menyimpan listrik sama seperti baterai. Tapi ingat ketika ada aliran keluar maka tegangan listrik yang di simpan elco akan habis seketika. Misalnya kaki elco di hubungkan dengan LED.

Terdapat 2 macam Electrolit Condensator yaitu elco polar dan non polar. Yang di maksud dengan elco polar adalah electrolit condensator yang meiliki kutub positif dan negatif. Pemasangan elco polar tidak boleh terbalik. Sedangkan elco non polar adalah electrolit condensator yang tidak memiliki kutub positif dan negatif alias sama kaki sama rata sama rasa.... * kayak permen karet*

Untuk mengetahui polar atau non polar pada elco caranya adalah dengan melihat body atau badan elco tersebut. Pada body Elco polar terdapat garis strip-strip, kaki yang lurus dengan garis strip itu adalah kutup negatif. Atau dengan memperhatikan panjang kaki elco, kaki yang lebih panjang menandakan kutub positif elco polar. Sedangkan elco non polar tidak ada tanda strip pada body dan kaki-kakinya sama panjang. Pemasangan elco non polar bisa bolak balik.

Elco Polar terdapat strip-strip di kaki Negatif

Electrolit condensator memiliki kapasitas masing-masing yang di hitung dengan satuan micro Farad (uF) serta memiliki batas kemampuan maksimum menampung tegangan. Semakin besar angka micro Farad dan voltage nya maka elco tersebut sebakin besar kemampuan daya tampungnya. Misalnya ada 2 elco masing-masing tertulis 3300uF/50volt dan 220uF/16volt. Artinya elco yang 3300uF/50volt memiliki daya tampung (menyimpan) listrik lebih besar di banding elco yang 220uF/16volt. Trus maksudnya 50 volt dan 16 volt apa? Nah itulah yang di maksud kemampuan maksimum menampung tegangan listrik. *ah jadi bingung*

Begini, apabila tertulis 50 volt maka elco tersebut hanya mampu menampung tegangan maksimum 50 volt, lebih dari itu elco akan meledak. Begitu juga buat elco yang 16 volt, jangan di pasang pada tegangan lebih dari 16 volt. Tetapi jika elco 50 volt di gunakan pada tegangan 16 volt tidak masalah.Tips dari dion mloto, lebih baik memilih elco yang memiliki voltage lebih tinggi untuk keamanan.

Dan buat kamu yang belum begitu kenal elco, harap berhati-hati jika menemukan electrolit condensator bekas dengan tulisan kapasitas dan voltage tinggi. Apabila kaki positif dan negatif beradu akan menimbulkan ledakan keras dan percikan api besar. Contoh electrolit ( elco ) yang ledakannya cukup membuat kaget adalah yang memiliki kapasitas 2200uF,3300uF,4700uF lebih tinggi dari itu, jika kaki positif negatif beradu bisa jadi para tetangga anda akan berdatangan.

Siap-siaplah menjawab pertanyaan para tetangga,.

Sekian saja dan terimakasih...  *aku bingung njelasno*

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,