Home » » Hacker & Cracker - Hacking & Cracking

Hacker & Cracker - Hacking & Cracking

By Dion Mloto on 2.3.16

Hacker and Cracker
Intermezo aja, ingat beberapa waktu lalu saat konkow bersama teman-teman, salah seorang teman dengan muka serius bingung bercampur marah, berteriak "Gadget ku di hacker! wah ini pasti di hacker!" sambil mlototin gadget. Mendengar itu sarap otak saya jadi tergelitik memaksa saya untuk tertawa. Dan akhirnya bhahahahahaha... mulut saya pun mangap.

Menyadari saya tertawa akibat tieriakan dia, si X pun jadi tambah bingung. Singkat cerita setelah ngedumel sono sini gadget si X berpindah ke tangan saya. Gadget yang cukup canggih menurut ukuran saya, sebab layarnya sudah layar usap. Tidak seperti gadget saya yang menggunakan layar tonjok.

Bukan berdasar gadget say menulis ini tetapi bardasarkan celetukan si X yang membuat perut saya kaku. "Gadget ku di hacker!" atau "komputer ku di hacker orang" atau "FB ku di hacker" istilah itu menurut saya cukup aneh. Apa sih hacker & Cracker itu?

Terus terang saya masih awam dengan dunia hacking & cracking, tetapi saat mendengar kalimat seperti itu timbul keinginan untuk meluruskan pengertian hacker & cracker. Sebelum menginjak ke bab hacker, lebih dulu akan saya tulis definisi cracker menurut pemahaman saya.

Cracker adalah:

Cracker berasal dari kata crack yang berarti retak. Definisi cracker adalah seseorang yang dengan sengaja masuk ke dalam sistem milik orang lain dengan tujuan merusak. Jadi cracker dengan sifatnya yang merusak, dengan sengaja memasuki sistem jaringan internet, komputer, website, atau bahkan gadget dengan tujuan untuk mencuri data, menghapus data, men-deface web, merubah password, mengambil alih akun dan sebagainya. Yang jelas cracker adalah perusak keamanan jaringan dengan menunjukkan identitas (biasanya inisial) atau tanpa menunjukkan identitas (tanpa di ketahui pemilik).

Hacker adalah:

Hacker berasal dari kata hack yang artinya kalau nggak salah terjang. Menurut pemahaman saya hacking adalah kegiatan untuk menerjang atau menerobos atau menjebol sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi. Baik itu komputer, internet,gadget dan sebagainya. Sedangkan hacker adalah pelaku dari kegiatan pembobolan. Jadi bagaimana dengan kalimat "komputer ku di hacker orang"?

Jadi definisi hacker adalah seseorang yang berusaha menerobos, merusak atau menjebol komputer, jaringan internet, situs/website untuk mencari/mengambil data milik orang lain dengan tujuan tertentu.

Ada banyak ragam definisi hacker yang beredar di khalayak umum. Mungkin rekan-rekan ada yang pernah mendengar White Hat Hacker dan Black Hat Hacker. Apa maksud istilah itu dan apa perbedaan antara keduanya.
  • White Hat Hacker (Peretas Bertopi Putih)
White Hat Hacker adalah mereka yang memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan kualitas dari sebuah produk. Mereka yang tergabung dalam white hat hacker biasanya terbagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok memfokuskan diri untuk melindungi sistem, kelompok lainnya memfokuskan diri untuk mecari celah atau kelemahan dari suatu sistem. Mereka berkerja bersama-sama untuk menguji suatu sistem tertentu atas ijin dari pemilik sistem dengan tujuan MENINGKATKAN KUALITAS SISTEM/PRODUK
  • Black Hat Hacker (Peretas Bertopi Hitam)
Black hat hacker adalah mereka yang menfokuskan diri untuk meretas atau membobol keamanan sistem atau jaringan untuk mengambil data, merubah data, memata-matai tanpa se-IJIN pemilik untuk kepentingan tertentu. Jadi anda termasuk yang mana?

Atau timbul pertanyaan dalam benak anda, saya termasuk yang mana? jawaban saya: "Yang Mana Aja Bolehhh.." heee... Enggak kok, saya orang baik dan mendingan. Nggak pernah begitu-begituan. *tapi sering*     #Jengkang kejedot tembok

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah dalan dunia Hack & Crack, namun saya nggap perlu menulis semuanya di sini, hanya istilah umum yang sering kita dengar dan kita jumpai sehari-hari.

Jadi, meskipun dalam keadaan panik. Nyeplos pun harus di pikir dulu agar tidak di tertawakan orang.
And.... cukup sekian saja untuk bab Hacking & Cracking. Salam....


*image: by google

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,