Home » , » Resistor Atau Tahanan Adalah - Komponen Elektronika

Resistor Atau Tahanan Adalah - Komponen Elektronika

By Dion Mloto on 21.2.16

Bro and bray sekalian, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit share tentang salah satu komponen elektronika yang paling banyak di gunakan yaitu Resistor atau Tahanan.

Resistor atau Tahanan adalah
Resistor atau tahanan adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai penghambat tegangan dan arus. Sesuai dengan namanya, Ta-Ha-Nan. *bukan tahanan pulisi loh* fungsinya? Ya itu tadi, sebagai penahan tegangan dan arus agar keluarannya lebih kecil.

Sehingga komponen yang ada di belakangnya misal transistor atau IC tidak rusak karena kelebihan tegangan. Lebih gampangnya gini kali ya, kita anggap kabel itu selang air,  resistor atau tahanan kita anggap kran air dan tegangan kita asumsikan sebagai air.

Saat selang di aliri air dari pompa atau tandon maka air tersebut akan melewati seluruh rongga selang secara full. Nah saat kita pasang kran di tengah-tengah selang dan kita buka 1/4 maka debit air yang keluar menjadi lebih kecil. Seperti kran itulah fungsi resistor atau tahanan.

Nah nilai warna yang tertera di tiap bodi tahanan menunjukkan seberapa besar kran itu di tutup. Semakin besar nilai resistor maka aliran air semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil nilai nya maka akan semakin besar tegangan yang mengalir.

Paham to? Nek ga mudeng artine podo ro aku.. Pemahaman saya tentang resistor atau tahanan ya seperti itu. Kalau ngikuti anak sekolah aku malah mumet. Soale aku otodidak rek. *Jadi, yo wis ngunu kuwi*

Satuan resistor atau tahanan di ukur dalam satuan Ohm.


0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,