Home » » Cara Memperbaiki Tivi DIGITEC DM 173031 B Mati Total

Cara Memperbaiki Tivi DIGITEC DM 173031 B Mati Total

By Dion Mloto on 16.2.16

Cara Memperbaiki Tivi DIGITEC DM 173031 B Mati Total
Selamat sore siang malam pagi dan seterusnya kawan. Kali ini saya mungkin akan sekedar curhat tentang cara memperbaiki tivi Digitec DM 173031 mati total ala Dion Mloto 

Langsung cerita saja mas Gan dan mbak Gan wati.. Sebenarnya saya bukan tuser professional di bidang per tivi an. Hanya sekedar hobi saja wat ngoprek eltro. Berawal dari rusaknya tivi sharp Cleopatra 21” matot (mati total) milik saya beberapa hari sebelumnya, para tetangga jadi pada tau. Di kira saya professional di bidang per-tivi-an. Datang engkong-engkong bilang suruh benerin tivinya yang mati. 

Saya bilang “saya nggak bisa servis tivi Kong, ga ngerti ususnya tivi” 
Kata engkong "Ndak papa mas coba aja dulu" - "srius kong saya ga bisa! Tar kalo malah jebol mesinnya gimana?" - "Ndak apa-apa mas, buat praktek. Mledug juga ndak papa wong tivinya sudah mati" si engkong pulang  deh critanya.

Lagi asyik ngopi + udud, eh si engkong dating lagi sama cucunya bawa 2 tivi KO. Yang satu merk Digitec  DM173031B 14” yang satunya merk Sanken 21”. Wadohhh.. moo..dar aku! yo’opo iki? mau ndak mau saya coba bongkar tu tivi. Kasian jauh-jauh nganterin. Yang digitec DM173031B dulu ni critanyee...

Begitu baut copot berhamburan, wua ileeeee… debunyaa.. mangtef. Bersih-bersihin,  mlototin sebentar langsung ketemu biang kerok Digitec DM 173031B ni mati total. Tak lain tak bukan problem ada pada kaki TR Horizontal. Gosyong bro! pe PCB nya juga ikutan bolong.

Lega deh tuh penyakit dah ketahuan. Tinggal eksekusi. Data tivi Digitec DM173031B ni pake IC horizontal dengan kode D5072 IC vertical pake TDA 3653C lanjut pake memory EEPROM 93C46N *Jangan tanya IC croma, saya ndak tau yang mana*

Setelah TR Horizontal saya cek dan ternyata masih oke punya, pasang lagi di tempat semula dengan tambahan bikin jalur sendiri pake kabel LAN di lilit n di solder ke main board. Sipp.. tinggal tes, steker di colok, On-Off di pencet dan ,… Pyuukkkkk.. muncul raster alias semuttt.. semut kecil, kamu mau apa *maalah nyanyi* Hmmm… lumayannn.. *dari pada gue manyun*

Lanjut pasang antenna. Berhubung bukan tuser tivi, butuh waktu lama wat nyolokin entuh antenna. *kenapa begitu?* ya kan harus bongkar  boster tivi milik sendiri dulu, nyambung kabel Coaxial dan seterusnya.

Setelah beres. Itu colokan antenna saya sambung ke Tuner Jlebb.. dan…. Kruek kruek kruek… shossss… tat tit thut tat tit tut… gambar kayak pemain bola. lari sana lari sini.. gambar meyot meyot kepala di mana badan kemana. Warna nya juga kadang ada kadang hitam putih. (liat tuh gb di atas) Matih gueh! *Jedotin jidat ke meja dugggg..* Lapo dadi koyok ngene rek? Opo ne iki? *Mikirr* Salah prasangka saya teh. Penyakitnya ada lagih *mewek*

Sampai di sini penyebab tivi Digitec DM173031B mati total sudah ketemu dan selesai. Tapi kok muncul penyakit lain kayak gitu *Trus piye jal?*

Inget pas benerin Tivi sharp saya dulu. Jurus ke dua. Solder ulang semua kaki komponen. Tes lagi dannnnn…. Tetep saja bro! kecele’ aku.
Tivi DIGITEC DM 173031 B Mati Total

Namanya ga ngerti urutan servis tivi. Ngawur ae lah! Cek tegangan B+*kata tuser tipi*  supply ke vertical, IF, IRF (bener po ga iki?), control sampek ngubeg ubeg datasheet IC wat cari VCC nya. Ndak lupa capasitor regulator di ubeg2 juga, tapi kayaknya normal *menurut saya hee..*. Cak cek cok slese, hidupin tivi, maaasih sama. coba saya set lagi channelnya dengan auto search. Hasilnya gambar nongol tapi bablas thok. Pencet sana sini hasilnya ada suara gambar hilang, gambar ada suara ilang. *poseng gw*

Soale ini tivi juga bekas di servis dulunya. Tombol panel depan banyak ga fungsi, tombol volume dari sononya udah di ganti  pake potensio. Udah gitu remote nya ga onok pisan wisss... *lengkap penderitaan*
Tivi DIGITEC DM 173031 B
Otak koplox mulai jalan, penyakit kayaknya ada di bagian modulasi n synchronizing. Bingung lagi dah, apa yang mau di cek, tahanan? Elco? Tr? Trus sing endiii… *mabok-mabok dah.

Udud maning….

Logika wong koplak bergerilya "Kalo channelnya berubah/jalan terus pas di search. pastinya ada komponen buat ngunci." wat dukung asumsi, mbah gugel tak ubeg biar ngasi data kerusakan tivi Digitec DM 173031B. Ternyata mbah gugel tak membantu, ga ada satu data pun tentang tivi DIGITEC DM 173031 B. Nguuuurut lagi dari awal *kayak belajar anak TK*

Wis mentog, nemu IC 93C46N *lha kok sama?!" ha yo mbuhhh... bekas apa aku lupa. Cari data lagi bla bla bla.. akhirnya IC tsb saya ganti gitu aja. Dan alhamdulillah layarnya cuma kayak gini.
DIGITEC DM 173031 B Mati Total
Cuma kepyur garis-garis horizontal, warna tengah hijau pinggirnya hitam. *Wis seneb kapalaku*. Di search tetap saja channel liwat thok.

Sampai di sini dulu bro,. sirahku ngelu. Berhasil atau ndak, nanti saya up date lagi.

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,