Home » , , » Cara Melepas Trafo Ferit Bekas Swicthing TV

Cara Melepas Trafo Ferit Bekas Swicthing TV

By Dion Mloto on 4.10.15

Salam Jumpa,

Pada artikel perdana ini saya akan mencatat eksperimen saya tentang cara melepas trafo ferit bekas switching tv. Oh iya, artikel ini bukan merupakan suatu tuntunan atau tutorial sebab saya tidak begitu paham dengan dunia elektronik sehingga dalam artikel ini sifatnya hanya sebagai catatan tentang apa yang pernah saya lakukan.

Oklek, nggak usah banyak kata yang penting tunjeb pion saja tentang cara melepas trafo ferit bekas switching tv.

Awalnya saya mendapatkan, atau lebih tepatnya nemu kit PCB bekas PSU compi jadul. Pikir saya, sayang banget kalau harus di buang. Akhirnya saya bawa pulang dan saya tumpuk begitu saja di gudang. Beberapa hari kemudian rekan kerja spesialis elektronik sedang membongkar TV milik kantor yang rusak. Ngobrol-ngobrol akhirnya 1 kit TV bekas itu di kasih ke saya.

Buat apa? pikir saya. Teman tersebut menyarankan untuk mengambil trafo ferit dan flyback nya untuk di gulung ulang. Kalau beli mahal katanya.

Nah pada saat saya mencoba merakit power OCL baru kepikiran tentang power supply yang memiliki daya besar. Pakai apa? yang jelas jika ingin daya besar harus pakai trafo dangan ampere besar dan itu artinya saya harus merogoh kocek cukup tebal untuk membeli trafo donat.

Muncul pertanyaan, ada nggak sih alternatif selain trafo donat? Kata rekan saya, ada. Itu saja pakai trafo ferit bekas switching TV kemarin, katanya. Trus gulungannya gimana? Ya di gulung ulang sesuai daya yang di inginkan, jawabnya.

Whuahhh.. ini ni... tantangan baru. Mbah gugel saya kurek - kurek biar ngasih info tentang bagaimana cara melepas trafo ferit bekas switching TV agar tidak rusak. Soalnya ga mungkin di getok, jangankan di getok, di cungkil pake obeng saja dah hancur feritnya.

Akhirnya di sini saya rangkum dari berbagai info yang sudah saya dapat bagaimana cara melepas trafo ferit bekas switching tv, lanjut lah, kelamaan:
  • Pastinya kondisi trafo ferit sudah terlepas dari kit PCB. (GB adalah ferit PSU compi, ilustrasi saja)
 

  • Setelah trafo ferit bekas switching terlepas, silakan rebus air di dalam panci. Buat apa? (bikin kopi dulu... heee) bukannn... pokoknya rebus air dulu sampe mendidih.
  • Setelah air mendidih, masukkan trafo ferit bekas switching itu di dalamnya. Kayak ngrebus ubi lah pokoknya.

  • Tunggu kurang lebih 5 menit. Stelah itu selangi masih panas, ambil trafo menggunakan tang buaya. Jepit badan ferit dan cungkil ferit bagian atas dengan obeng min tipis. Lebih bagus obengnya bagian ujung agak lebar. Pelan- pelan saja, jangan di paksa. Soalnya dalam kondisi panas, ferit sangat mudah patah. 

Tuu.. kan?! Pada patah gara2 saya paksa
  • Jika masih sulit, masukkan kembali ferit tersebut ke dalam air mendidih alias rebuh lebih lama lagi. Jika sudah cukup panas, sirlak akan rontok dengan sendirinya dan trafo akan mudah untuk di lepas.
Nah udah tau kan cara melepas trafo ferit bekas switching tv ?! satu lagi. Sampeyan bisa pakai tinner B (tinner yang biasa di jual di toko material. Rendem aja trafo feritnya ke dalam tinner beberapa menit, makin lama makin mudah copot. Caranya sama, setelah di rendem cungkil dengan obeng. Sekali lagi jangan di paksa bro.

wis cukup sekian.

2 comments:

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,